Links

Kamis, 22 November 2012

filsafat tugas resume


DASAR-DASAR FILSAFAT DAN HUBUNGAN FILSAFAT DENAGAN ILMU
A.    Pengertian Filsafat
            Pengertian etimologi: filsafat berasal dari kata “filsof” yang berarti cinta dan “sofia” yang berarti kebajikan, kebijakisanaan dan kebenaran. Dengan demikian kata filsafat berarti cinta terhadap kebajikan dan kebijaksanaan.
            Pengertian semantik: filsafat adalah pengetahuan yang mempelajari hakikat segala sarwa yang ada dan yang mumngkin ada sedalam-dalamnya yang dilakukan secara radikal dan menyeluruh.
Filsafat ilmu adalah penyelidikan tentang ciri-ciri pengetahuan ilmiah dan cara-cara untuk memperolehnya (Beerling,et.al.2003:1)
Orang yang ahli dalam filsafat disebut fiolsof atau filsuf.
B.     Objek filsafat ilmu:
1.    Objek material yaitu pengetahuan yang telah di susun secara sistematis dengan metode ilmiah yang tertentu sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
2.    Objek formal yaitu hakikat (esensi) ilmu pengetahuan problem-problem mendasar ilmu pengetahuan seperti apa hakikat ilmu sebenarnya.
C.     Beberepa Pendapat Ahli
Ø  Nuchelmans (1982), mengemukakan bahwa dengan munculnya ilmu pengetahuan alam pada abad ke 17, maka mulailah terjadi perpisahan antara filsafat dan ilmu pengetahuan. Dengan demikian dapatlah dikemukakan bahwa sebelum abad ke 17 tersebut ilmu pengetahuan adalah identik dengan filsafat.
Ø  Van Peursen (1985), yang mengemukakan bahwa dahulu ilmu merupakan bagian dari filsafat, sehingga definisi tentang ilmu bergantung pada sistem filsafat yang dianut.
Ø  Koento Wibisono (1999), filsafat itu sendiri telah mengantarkan adanya suatu konfigurasi dengan menunjukkan bagaimana “pohon ilmu pengetahuan” telah tumbuh mekar-bercabang secara subur. Masing-masing cabang melepaskan diri dari batang filsafatnya, berkembang mandiri dan masing-masing mengikuti metodologinya sendiri-sendiri.
perkembangan ilmu pengetahuan semakin lama semakin maju dengan munculnya ilmu-ilmu baru yang pada akhirnya memunculkan pula sub-sub ilmu pengetahuan baru bahkan kearah ilmu pengetahuan yang lebih khusus lagi seperti spesialisasi-spesialisasi. Sesuai dengan apa yang dikemukakan oleh Van Peursen (1985), bahwa ilmu pengetahuan dapat dilihat sebagai suatu sistem yang jalin-menjalin dan taat asas (konsisten) dari ungkapan-ungkapan yang sifat benar-tidaknya dapat ditentukan.

              Untuk melihat hubungan antara filsafat dan ilmu, ada baiknya kita lihat pada perbandingan antara ilmu dengan filsafat dalam bagan di bawah ini, (disarikan dari Drs. Agraha Suhandi, 1992)
Ilmu
         Segi-segi yang dipelajari dibatasi agar dihasilkan rumusan-rumusan yang pasti
         Obyek penelitian yang terbatas
         Tidak menilai obyek dari suatu sistem nilai tertentu.
         Bertugas memberikan jawaban
Filsafat
         Mencoba merumuskan pertanyaan atas jawaban. Mencari prinsip-prinsip umum, tidak membatasi segi pandangannya bahkan cenderung memandang segala sesuatu secara umum dan keseluruhan
         Keseluruhan yang ada
         Menilai obyek renungan dengan suatu makna, misalkan , religi, kesusilaan, keadilan dsb.
         Bertugas mengintegrasikan ilmu-ilmu
         misalkan , religi, kesusilaan, keadilan dsb.
         Bertugas mengintegrasikan ilmu-ilmu












Pertanyaan untuk kelompok 1 pada sesi pertanyaan.
1.      Apa yang menyababkan ilmu mempunyai cabang?
2.      Mengapa filsafat dijadikan jembatan bagi ilmu yang lain?
3.      a. Bagaimana filsafat mampu menjadi jembatan bagi ilmu yang lain?
b. berikan contoh konkret keterkaitan filsafat dengan ilmu yang lain!
4.      Apakah ilmu dapat dibatasi? Dan hal apa yang mampu membatasi ilmu?
5.      “Filsafat ilmu mencari pengetahuan tentang dunia atau ilmu yang ditunjuk ilmu itu sendiri” maksudnya apa?
6.      Apa keterkaitan objek formal dan objek material dalam filsafat ilmu? berikan contohnya!
7.      Bagaimana hubungan filsafat ilmu dengan pengetahuan selain sains?
8.      Kritik apa yang diberikan filsafat ilmu agar ilmu dapat berkembang dengan baik?
9.      Seperti apakah asas-asas ilmu pengetahuan
10.  Bagaimanakah paradigma yang mendasari orientasi bahwa ilmu seperti pohon yang terus berkembang?
Pertanyaan dari saya.
1.      Ilmu memiliki sub bab-sub bab,yang berarti ilmu tersebut dikelompokkan menjadi beberapa bagian. Apakah yang menjadi dasar utama pengelompokan itu?

















Jawaban yang diberikan.
1.       
2.       Dari filsafah, ilmu merumuskan jawaban atas pertanyaan,mencari prinsip-prinsip umum
3.       
4.      Tujuanmembatasi ilmu agar diperoleh rumusan yang pasti dan yang membatasi adalah cabang-cabang masalah
5.       
6.      Objek tersebut telah ada dan telah diselidiki sehingga dapat dibuktikan kebenaranya. Keduanya saling berhubungan, objek material adalah objek yang dikaji, sedangkan objek formal adalh objek yang mengkaji
7.      Hubungan filsafat ilmu dengan pengetahuan selain sains contoh: ketika ikut organisasi kita akan memperoleh pengalaman yang akan menjadi pengetahuan baru
8.       
9.       
10.  Paradigm à teori à bukti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar